MEKANISME PROYEK KONSTRUKSI BAJA

MEKANISME PROYEK KONSTRUKSI BAJA

Selain distribusi besi untuk konstruksi, perusahaan kami telah mengembangkan diri untuk memenuhi permintaan konsumen yaitu dengan membentuk satu departemen atau divisi konstruksi baja. Dimana departemen ini awalnya adalah konsumen yang kesulitan menemuan kontraktor baja, maka kami  membantu konsumen agar harga lebih murah, pekerjaan cepat dan tidak ribet karena satu pintu. Harga rangka Konstruksi baja yang kami tawarkan mulai dari Rp. 400.000-2 jt perm2  atau 14. 000-18.000/ kg. Harga yang kami tawarkan kompetitif dan mampu bersaing dipasaran, karena kami memang telah lama berkecimpung dibidang ini. Costumer kami para kontraktor yang kesulitan mencari subkon atau orang pribadi. Kami melayani kontraktor maupun pribadi. Perusahaan kami Biasa melayani para pemborong konstruksi baja untuk dijadikan subkon. Karena harga dari kami murah dan dapat dijual kembali oleh kontraktor. Kontraktor pada umumnya tidak mau ribet, tidak mau pusing mengurusi masalah masalah kecil konstruksi baja, jadi mereka menyerahkan kepada kami. Biarkan kontraktor focus pada bagian marketing, desain atau pekerjaan lainnya. Karena  kerja Perusahaan kami yang bagus, maka telah banyak costumer yang kembali menggunakan jasa Kami.  Sering juga  costumer perorangan yang puas dengan kerja Kami, menceritakan dan merekomendasikan perusahaan Kami kepada saudara, teman dan Kontraktor konstruksi baja lain.

Harga yang Perusahaan kami tawarkan kompetitif dan mampu bersaing dipasaran, karena Kami memang telah lama berkecimpung dibidang ini.  Perusahaan kami dapat mengerjakan kontruksi berdasarkan gambar teknik dari konsultan atau gambar sederhana.

cara pemasangan konstruksi baja wf

Konstruksi baja memiliki kelebihan kelebihan dibandingkan konstruksi beton.  Selain pengerjaan yang cepat, lebih kuat, bagus atau indah, ringkas, tidak ada sampah, juga lebih hemat. Kami dapat menghitung beban konstruksi sehingga aman apabila terjadi gempa. Kami merupakan tenaga ahli kontruksi baja, karena Kami telah puluhan tahun mengerjakan Konstruksi baja. Perusahaan kami telah mengerjakan banyak kontruksi baja mulai dari mezanine, gudang, pabrik, kampus, swalayan, ruko, restoran, lift, kanopi, pom bensin, shelter, kantor, kontrakan, rumah kos, rumah, dll.

Dalam mekanisme diatas pada bagian yang dipisahkan oleh garis putus-putus ini adalah bila
dalam pelaksanaannya di kerjakan oleh sub kontraktor lain.
Dalam perencanaan konstruksi baja ini yang terpenting adalah selalu diadakan check and re-
check gambar baja dengan konsultan (bila ada) antara gambar baja dengan struktur atau de-
ngan arsitek/sipil.

IV.1.2. Pemahaman gambar baja.

Konsep pemahaman gambar-gambar Baja / Gambar Pelaksanaan sebelum masuk
bengkel :
1. Denah keseluruhan, ukuran -ukuran total bangunan, jarak dan dimensi
2. Detail-detail gambar ( yang terkait dengan tabel baja ):
* Sambungan
* Pengelasan
* Baut-baut
* Angkur-angkur / pengangkuran
* Profil : yang tersedia di pasaran
: sesuai dengan perhitungan

Dalam gambar detail baja untuk ukuran-ukuran yang biasanya tidak ditentukan seperti mi-
salnya pada kelekan kuda-kuda portal sebaiknya dipakai standarisasi ukuran yang biasa
dipakai, jadi tidak menggunakan skala.

IV.2. FABRIKASI :

Setelah gambar kerja telah di check dan recheck serta disetujui oleh Pimpinan Teknik untuk di
laksanakan maka pihak bengkel dapat segera melaksanakan fabrikasi di bengkel atau di site
dengan selalu diadakan pengawasan dan pengecekan oleh pelaksana.

Untuk pekerjaan baja yang terkait dengan gambar sipil seperti misalnya pengangkuran dan
stek-stek, agar dibuat terlebih dahulu untuk dapat segera dipasang.

IV.2.1. PENGANGKURAN

Fungsi : Pemegang Struktur atas ( Kolom / Kuda-kuda) pada posisi yang
yang sebenarnya / tepat.

b
kolom IWF a 2 a a
plat landas
l

h 2l

Angkur besi beton dimana : a = l >= 5 cm

Penempatan dan pemasangan angkur :
As-as kolom, cara menentukan adalah ;
* Buat Bouwplank setempat.
* Mal pengangkuran dari multiplex t = 9 mm dan diberi as
* Angkur dipasang di mal dan diberi 2 baut dan dipasang pada atas dan
bawah mal.
* Ditarik benang / as ditarik 2 arah sesuai mal membentuk 2 arah siku
* Angkur di las dengan besi beton kolom dengan elevasi atas waterpass.
* Begesting kolom dipasang.
* Kolom dicor
* Mal angkur dilepas

Untuk plat landas yang lebih tebal dari 16 mm sebaiknya tebal mal sesuai dengan
tebal plat atau angkur dicheck vertikalnya satu persatu.

Berdasarkan tumpuannya :
a. Tumpuan pada kolom pedestal
Fungsi : Jepit – sendi —-> harus sesuai dengan perhitungan struktur.
b. Tumpuan pada kolom atas.
Fungsi : Jepit – Jepit
Sendi – Sendi
Sendi – Rol

Pengangkuran baja dilaksanakan oleh Sipil di bawah Supervisi dari divisi baja, hal ini
dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bila terjadi masalah pada
saat erection oleh divisi baja.

IV. 2.2. PENGELASAN

Peralatan :
1. Generator / Genset
2. Onvomer/ Trafo las
3. Kabel las + dan –
4. Stang las (handle)
5. Topeng las
6. Kawat las

Kawat las yang biasa dipakai ada 3 jenis :
Diameter 2,6 mm untuk Pelat baja tipis, diameter 3,2 mm, dan 4,0 mm untuk plat baja yang
lebih tebal Selain itu type Kawat RD 460 dan RD 260, yang biasa dipakai adalah
type RD 460.
Energi / daya yang digunakan untuk pengelasan yang sempurna :
– Untuk kawat diameter 2,6 mm —–> 3.000 Watt – 8.000 Watt
– Untuk kawat diamater 3,2 dan 4,0 mm ——> 5.000 Watt – 12000 Watt
Dihindarkan adanya pengelasan pokok setelah kap baja terpasang terhadap bahaya
keruntuhan.

Yang sangat penting untuk hasil yang ingin kita capai dalam melas konstruksi baja, ialah
cara melas, dimana yang perlu diperhatikan adalah keserbasamaan (keseragaman) dan
rupa las, serta kematangan pengelasan.
Setelah pengelasan biasanya akan timbul kerak-kerak las ini harus dibersihkan dengan
cara diketok-ketok dengan palu (hammer).

IV.3. ERECTION

Persiapan dan peralatan :
1. Box
2. Tali tambang
3. Tali baja
4. Liyer
5. Takel
6. Peralatan Las
7. Blander
8. Kunci / Kunci momen
9. Alat Bantu (bbalok-balok kayu, dll)

Man Power untuk Erection :
Untuk Erection baja harus dipersiapkan tenaga kerja yang memadai. Tenaga kerja ini da-
pat dibagi menurut pekerjaannnya :
– Langsiran baja yang telah difabrikasi ditempatkan di lokasi menurut kode-kode yang ada.
– Tenaga penarik Liyer dan tali baja.
– Tenaga yang menempat baja pada posisi untuk dipasang baut-baut.
– Tenaga pemasangan tali baja / tali tambang
– Tenaga pengelasan, pasang gording dan pasang mur baut, serta supervisi.

Contoh Erection Kuda-kuda Portal dan Kolom IWF :
1. Schedule fabrikasi dan erection.
2. Perencanaan arah erection, penempatan bahan hasil fabrikasi, misalnya :
Untuk kuda-kuda / kap baja vakwerk sesuai dengan kode-kode yang terdapat pada
Shop drawing.
3. Erection kolom IWF dengan box pipa
4. Pemasangan Regel / koker antar kolom
5. Box besar dipasang pada kuda Kuda-kuda yang pertama
– Ketinggian box min 3 m dari puncak kuda-kuda
– Jumlah box tergantung dari bentang kuda-kuda < 23 m menggunakan
1 Box , ( L < 23 m = 1 Box, 23 < L < 46 = 2 Box )
Penarikan tambang/sling pada baja untuk kuda-kuda > 23.00 m pada 4 arah.
Untuk beban berat harus pakai sling baja.
6. Kuda-kuda dirangkai di bawah.
Pemeriksaan awal terhadap panjang dan hasil pengelasan.
7. Kuda-kuda pada bagian atas diikat dengan tali baja yang ditarik dengan Liyer.
(dicheck kekakuan horisontal awal apakah perlu pengaku tambahan ).
8. Samping kanan / kiri kuda-kuda diberi tali tambang untuk menjaga posisi agar tidak
terpuntir atau dipegang dengan box pipa.
9. Bentang kuda-kuda yang sudah dirangkai dichek bentangnya = bentang kolom
10. Kuda – kuda dibaut pada kolom.
11. Box Utama digeser pada posisi kuda-kuda kedua.
12. Selanjutnya kuda-kuda yang telah dirangkai dibawah dan telah dicheck panjang dan
pengelasan segera diangkat dan dipasang. (sesuai langkah 5 s/d 10).
13. Setelah 2 kuda-kuda terpasang, untuk membantu kekakuan segera dipasang gording
dan ikatan angin.
14. Untuk kuda-kuda ketiga dan seterusnya dengan langkah yang sama.
Untuk penumpukan bahan kap baja, beban bahan diperhitungkan terhadap kekuatan plat
atau balok beton.

Pada erection awal koordinator harus berada di lapangan untuk supervisi langsung.
Selama erection berlangsung, pelaksana lapangan harus mengikuti jalannya erection
serta berfungsi sebagai supervisi.

IV.4. PASCA ERECTION

1. Pemeriksaan tegaklurus (lot) dari kolom.
2. Pemeriksaan pemasangan baut / las (Check Total)
3. Semua sambungan dicheck
4. Pengecatan ulang meni besi
5. Periksa lendutan apakah sesuai dengan batas yang diberi oleh koordinator.
6. Pengerjaan grouting bawah base plate dengan semen grouting (bila ada)

7 pemikiran pada “MEKANISME PROYEK KONSTRUKSI BAJA

  1. Ping-balik: RANGKAIAN PEKERJAAN FABRIKASI – CV ABDI REMAJA CONTRACTOR

  2. Ping-balik: cara mengukur pagar teralis – CV ABDI REMAJA CONTRACTOR

  3. Ping-balik: Tips Mengelas Pagar Besi – pengelasan menggunakan las listrik – CV ABDI REMAJA CONTRACTOR

  4. Ping-balik: CV ABDI REMAJA CONTRACTOR – CV ABDI REMAJA CONTRACTOR

Tinggalkan komentar