Alasan Pemilihan Material Konstruksi Baja

Salam Civil Engineers, Salam CV Abdi Remaja Contractor .pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Alasan Kenapa Konstruksi Baja Banyak digunakan dalam Pembangunan Proyek saat ini. Tentu saja selain baja banyak material yang bias kita bias gunakan sebagai Material Struktur Konstruksi Baja. Namun kenapa harus memilih baja

 

Untuk saat ini konstruksi baja memang menjadi pilihan banyak orang untuk pembangunan sebuah proyek. Seperti proyek dalam pembangunan pabrik, gudang besar, bagasi besar, kubah masjid, atap gereja dan masih banyak lagi lainnya. Sebenarnya ada banyak material yang bisa di gunakan dalam sebuah konstruksi seperti material kayu, material beton, dll. Semuanya itu tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing, begitu juga dengan konstruksi baja, Konstruksi berbahan baja juga memiliki banyak kekurangan namun juga sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

Karena sekarang ini sudah banyak banyak proyek yang menggunakan konstruksi baja dan tentu saja Anda pastinya bertanya-tanya, apa alasan mereka memilih konstruksi baja dalam proyek mereka ? Pertanyaan seperti itu cukup wajar, karena memang saat ini konstruksi berbahan baja memang ramai di pilih untuk rangka atap suatu bangunan. Dan dari sekian banyak orang yang memilih konstruksi berbahan baja, mereka rata-rata memiliki 4 alasan mengapa memilih konstruksi baja? Berikut ke 4 alasan tersebut

Struktur baja

Alasan pertama mengapa mereka memilih konstruksi baja yaitu tentang Strukstur baja yang dimaksud disini adalah struktur atau manfaat baja ketika menjadi sebuah bangunan. Struktur baja dalam suatu bangunan berguna untuk dijadikan kolom atau ring balknya, sedangkan ukuran baja yang di gunakan sebagai kolom atau ring balk tersebut tergantung dengan perhitungan beban yang di pikul atau tergantung dengan kekuatan yang di butuhkan dan kekuatan horizontal.

Kelebihan baja sebagai struktur bangunan

Dalam sebuah konstruksi baja, struktur baja memiliki beberapa kelebihan yang cukup baik di bandingkan dengan konstruksi yang berbahan beton maupun kayu, kelebihan-kelebihan tersebut seperti:

  • Tidak bisa di makan rayap di bandingkan dengan matrial kayu.
  • Kemungkinan susut atau memuai sangat kecil.
  • Kekuatan tarikannya cukup tinggi.
  • Penggunaannya yang bisa di daur ulang.
  • Baja lebih lentur dan memiliki berat lebih ringan di bandingkan dengan beton.
  • Harga baja yang relative murah di bandingkan dengan stainless steel.
  • Jika di bandingkan dengan aluminum dan kayu baja memang lebih kuat.

Kelebihan yang dimiliki struktur baja dalam suatu bangunan di atas, memang menjadi alasan utama, kenapa saat ini konstruksi baja sangat ramai di gunakan dalam banyak proyek, di bandingkan dengan konstruksi berbahan kayu dan beton.

Fungsi dari baja

Fungsi baja juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih material baja dalam konstruksi. Ya karena fungsi baja memang tidak jauh berbeda dengan fungsi logam pada umumnya. Seperti beberapa kelebihan yang sudah kami sebutkan di atas di bandingkan dengan material lainnya.

Pembuatan baja

Proses pembuatan baja juga menjadi alasan dimana banyak orang yang memililih baja sebagai material pada konstruksi mereka. Proses pembuatan baja di lakukan dengan cara melebur biji besi dengan mengurangi zat karbon yang ada di dalamnya. Pengurangan zat karbon pada biji besi yang di lebur tersebut sesuai dengan yang di inginkan, yang kemudian juga di tambahkan dengan elemen-elemen lainnya ke dalam logam yang telah memuai tersebut.

Setelah poses dan campuran baja telah di lebur menjadi satu, maka cairan dari baja tersebut di tuangkan kedalam cetakan hingga cairan tersebut habis. Setelah itu di biarkan hingga kering dan mengeras yang pada akhirnya jadilah lempengan-lempengan baja.

Itulah ke 4 alasan banyak orang ketika mereka di Tanya mengapa memilih konstrusi baja dalam proyek mereka, Dan alasan-alasan di atas memang cukup benar.