PENGERTIAN GENTENG METAL | DESKRIPSI GENTENG METAL |

APA ITU GENTENG METAL ?

Atap logam atau Genteng Metal adalah bahan atap yang dibuat dari logam. Sebagaimana atap dari bahan lain, Genteng Metal ini digunakan untuk mengatapi rumah atau bangunan. Kelebihan dari Atap Logam dibanding genting beton dan bahan atap lainnya adalah sangat ringan, beratnya hanya 1 banding 10 dari genting beton. Atap logam ini sangat cocok digunakan di daerah rawan gempa atau yang memiliki tanah gambut (Kalimantan, Sumatera).

Tetapi setelah gempa di Yogyakarta, pandangan masyarakat di pulau Jawa mulai beralih ke Atap logam, dikarenakan apabila terjadi gempa proses pergeseran dari atap logam dapat diminimalisasi sebab antara satu dan lainnya merekat sangat kuat. Terbukti oleh beberapa bangunan di Yogyakarta yang menggunakan atap logam seperti SDN Winongo dan Gereja Ganjuran yang atap logamnya tidak mengalami kerusakan yang berarti, dibanding menggunakan genteng lainnya. Karena ringan maka atap dari logam tidak membebani bangunan, juga memiliki warna-warna indah yang tidak mungkin dimiliki genting beton atau yang lainnya.

Atap adalah penutup atas suatu bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan dari hujan maupun salju. Bentuk atap ada yang datar dan ada yang miring, walaupun datar harus dipikirkan untuk mengalirkan air agar bisa jatuh. Bahan untuk atap bermacam-macam, di antaranya: Genting (Keramik Beton), Seng Gelombang, Asbes, maupun Semen Cor. Adapula atap Genteng Metalyang sangat ringan, tahan lama, anti karat dan tahan gempa.

BENTUK GENTENG METAL :

Bentuknya berupa lembaran, menyerupai bahan seng. Genteng tersebut ditanam di balok gording dari rangka atap (Kuda-Kuda), Menggunakan Baut. Ukuran yang tersedia bervariasi, 60-120 cm (lebar), dengan ketebalan 0,3 mm dan panjang antara 1,2 – 12 m.

KEUNGGULAN DARI GENTENG METAL SALAH SATUNYA UNTUK PRODUK-PRODUK KITA ADALAH :

  • Tahan Terhadap Beban dan benturan.
  • Tahan terhadap serangan karat, pecah, lumut dan jamur.
  • Tahan terhadap perubahan warna dalam berbagai kondisi cuaca.
  • Dapat memberikan Nilai Tambah yang lebih tinggi (Hemat Konstruksi dan Pemeliharaan).
  • Sebagai mahkota bangunan anda, genteng yang anda pilih adalah hasil pertimbangan yang cermat. Genteng pilihan anda harus menjawab kebutuhan anda akan ketahanan dan keandalan untuk jangka waktu yang sangat lama. Memancarkan keindahan sebagai ungkapan estetika dan gaya hidup anda sekaligus nilai yang optimal.

KEUNGGULAN GENTENG METALDIBANDING JENIS GENTENG LAIN :

Setiap rumah tentu saja memiliki atap sebagai penutup pada bagian atasnya. Penutup atap ini bisa dibuat dengan Cor Dak Beton, Genteng KeramikGenteng BatuGenteng Metal, dan Seng Metal, Seng Asbes, dan lain-lain. Namun pada saat ini banyak Rumah dan Kompleks Perumahan yang menggunakan Genteng Metal sebagai Penutup Atap Rumah yang mereka buat.

GENTENG METAL BANYAK DIPAKAI SEBAGAI ATAP RUMAH PADA SAAT INI KARENA :

  • Bentuknya yang bagus dan indah dilihat, karena mempunyai motif gelombang yang bervariasi, konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya masing-masing.
  • Mempunyai variasi warna yang banyak. Ada Merah, Merah Maroon, Biru, Hijau, Hitam, Abu-abu, dan lain-lain (Hal ini tergantung dari Pabriknya masing-masing).
  • Harganya lebih murah jika dibandingkan Atap Genteng Beton dan Atap Genteng Keramik.
  • Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan seng Gelombang Biasa, masih terjangkau oleh sebagian besar konsumen (Pemilik Rumah).
  • Genteng Metal ini beratnya relatif ringan, sehingga tidak menjadi beban yang besar bagi Dinding atau Struktur dibawahnya. Berbeda dengan Genteng Keramik dan Genteng Batuyang memiliki beban jauh lebih berat.
  • Karena beban Genteng Metal ini relative ringan, maka konstruksi rangka atap dibawahnya bisa dibuat dengan lebih “Sederhana”, sehingga anggaran biaya untuk rangka atap ini bisa lebih murah. Lihat disini seputar tentang Konstruksi rangka atap menggunakan Baja Ringan.
  • Produknya mudah didapat bahkan dalam Jumlah yang banyak sekalipun. Karena sudah banyak sekali diproduksi, terutama pada Kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, dan kota lainnya.

 

Satu pemikiran pada “PENGERTIAN GENTENG METAL | DESKRIPSI GENTENG METAL |

  1. Ping-balik: CV ABDI REMAJA CONTRACTOR – CV ABDI REMAJA CONTRACTOR

Tinggalkan komentar